Tuesday 15 October 2013

Del Bosque: Piala Dunia Akan Lebih Seru


Spanyol mengakui bahwa Kualifikasi Piala Dunia 2014 berjalan tak terlalu mulus bagi mereka. Namun, La Furia Roja percaya di putaran final nanti segalanya bakal berjalan lebih menarik dan menantang.

Spanyol tinggal butuh satu poin lagi untuk memastikan kelolosan ke putaran final tahun depan. Tim asuhan Vicente del Bosque itu untuk sementara berada di posisi teratas klasemen Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa dengan torehan 17 angka, unggul tiga poin dari Prancis di posisi dua. Mereka akan menjamu Georgia pada laga terakhir kualifikasi, Rabu (16/10/2013) dinihari WIB.

Meski tampil superior dalam beberapa tahun terakhir di berbagai ajang, penampilan Spanyol menuju Piala Dunia tidaklah begitu meyakinkan. Mereka kerap kesulitan mendobrak pertahanan lawan. Buktinya adalah jumlah gol Xavi Hernandez dkk. yang hanya 12 buah, terendah di antara tim pemuncak klasemen lainnya.

Soal ini, Del Bosque menyadari bahwa tim-tim di kualifikasi memang seringkali sulit ditembus dan bermain tertutup, membuat laga berjalan sulit untuk timnya. Selain itu, beberapa kali timnya juga tampil kurang maksimal.

Di putaran final nanti Del Bosque yakin bahwa pertandingan bakal berjalan berbeda, di mana masing-masing tim akan bermain lebih terbuka. Dengan demikian, timnya pun akan ikut meningkat levelnya dan bermain lebih baik.

"Di grup kualifikasi ini sudah ada empat laga buruk dan tak nyaman di mana kami tidak merasa senang dengan cara kami bermain, tapi kemudian ada tiga laga di mana kami bermain di level yang sangat baik," kata Del Bosque di situs resmi FIFA.

"Hanya beberapa bulan lalu, di Paris, pada bulan Maret, kami bisa menunjukkan dengan tepat apa yang mampu dilakukan oleh tim ini," lanjutnya.

"Para lawan (di kualifikasi) ingin menjaga martabat mereka. Di Piala Dunia tidak akan seperti ini karena penguasaan bola akan lebih merata. Tim-tim yang telah lolos sangatlah kuat dan Piala Dunia adalah sesuatu yang berbeda. Mereka akan lebih terbuka dan pertandingan akan lebih menyenangkan," ungkap pelatih 62 tahun ini.v

0 komentar:

Post a Comment